Wisata Bangka

Sebagai pulau terbesar kesembilan di Indonesia, wisata di pulau Bangka punya berbagai macam keindahan yang tak bisa dilupakan.

Setiap jengkalnya menawarkan panorama alam yang tak ada duanya. Kamu yang datang dan melakukan perjalanan wisata Bangka dijamin nggak akan bisa cepat move on dari tempat ini.

Atau malah kamu yang sudah ada di Bangka malas pulang karena mengetahui keindahan alam yang sangat fenomenal disana.

Khususnya wisata alam di Bangka berupa pantai menjadi sajian keindahan tak terjamah yang kamu harus susuri.

Buat kamu yang sudah punya rencana untuk liburan di Bangka dan ingin menikmati aneka ragam wisata di Bangka yang disajikan, berikut kami berikan ulasan daftar wisatanya. Lets check these out!

Pantai Batu Dinding

Destinasi wisata Bangka pertama yang direkomendasikan adalah Pantai Batu Dinding.

Pantai Batu Dinding ini merupakan sebuah pantai berbatu yang memiliki pesona pemandangan pantai dan batuan granit yang ukurannya cukup besar.

Kamu yang berkunjung ke Pantai Batu Dinding ini dapat berkunjung ke pantai dan batuan granit yang ukurannya cukup besar tersebut.

Belum lagi Pantai Batu Dinding juga memiliki sebuah legenda yang berkembang di tengah masyarakat. Menurut legenda yang berkembang tersebut, konon katanya pantai ini merupakan pantai yang menjadi ajang persaingan antara dua tokoh sesepuh di Bangka bernama Ki Anta dan Ki Bedengung yang saling berebut kekuasaan satu sama lain.

Wisata Bangka Selain sarat dengan legenda, pantai ini juga memiliki hal menarik lain yang membuat orang – orang suka datang ke pantai fenomenal ini.

Jika kamu berkunjung ke pantai ini, kamu juga akan menyaksikan pesona Pulau Punai yang berada di tengah laut.

Pesona tersebut sangat menyejukkan mata setiap pengunjung yang datang ke pantai ini. Kamu juga akan menemukan kapal – kapal penambang timah yang berlalu lalang di sekitar perairan.

Hal tersebut menjadi sebuah pemandangan lain yang dapat dinikmati masing – masing pengunjung. Kemudian di sebelah kiri pantai, kamu akan melihat hadirnya sebuah dermaga tempat nelayan sekitar melabuhkan kapal yang dimilikinya.

Kamu pun bisa numpang foto di dermaga tempat nelayan melabuhkan kapalnya tersebut. Pemandangannya akan semakin keren ketika sunset hadir membayang.

Red Hill, Danau Ampar

Jika kamu pernah datang ke Grand Canyon, sekilas Red Hill ini merupakan sebuah tempat wisata yang mirip dengan Grand Canyon.

Kamu akan menemukan panorama bebatuan dengan warna merah bata yang sangat menakjubkan. Tak hanya pesona bebatuan berwarna merah bata saja yang menjadi pemandangan menyenangkan di Red Hill, kamu juga akan menemukan air bening di tengah – tengah yang menjadikan suasana Red Hill semakin sempurna.

Namun jika kamu berwisata di Red Hill bertepatan dengan moment air danau yang mengering, maka kamu akan merasa seperti sedang berada di gurun pasir dengan karang merah yang sangat indah.

Danau Kaolin Aek Biru

Kalau Red Hill identik dengan warna merah, maka Danau Kaolin Aek Biru identik dengan perpaduan warna biru dan putih yang menjadikan suasananya sangat jernih.

Dengan keindahan yang tak ada duanya, hal tersebut menjadikan banyak orang melakukan foto prewedding di Danau Kaolin Aek Biru ini.

Nah, untuk sampai di danau ini cukup mudah. Dari arah Bandara, kamu hanya perlu waktu kurang lebih 1 jam perjalanan saja dan menggunakan roda empat.

Di beberapa titik, kamu akan menemukan jalanan terjal. Akan tetapi walau jalannya lumayan terjal kamu tidak akan merasa sulit menemukan air biru yang berkilau di wisata ini.

Pantai Matras

Buat kamu yang ada di wilayah Bangka dan sedang mencari objek wisata pantai yang banyak pengunjungnya, kamu bisa langsung datang ke Pantai Matras.

Panorama alam yang sangat memikat dapat kamu saksikan di Pantai Matras.

Belum lagi, pemandangan hamparan pasir pantai yang luas menjadi kelebihan yang akan kamu temukan dibalik pantai ini.

Kamu bisa bermain pasir dan bermain air sepuas mungkin ketika berwisata di Pantai Matras. Buat kamu yang ingin menginap di pantai ini, kamu tidak hanya bisa berkemah dengan mendirikan tenda – tenda.

Kamu juga bisa menginap di bungalow yang terdapat di sekitar wisata pantai ini. pemandangan indah ketika sunset dan sunrise, tentu menjadi pesona terindah yang tak akan bisa kamu lupakan ketika menginap di kawasan wisata pantai Bangka ini.

Kalau kamu bermalam di Pantai Bangka, di waktu malam hari kamu akan menikmati suasana pantai sembari menyaksikan pemandangan kapal – kapal nelayan yang berlayar di tengah lautan.

Sembur cahaya malam dari kapal nelayan yang sulit kamu temukan ketika sudah pulang ke kota, semuanya tentu akan menjadi pemandangan terindah yang kamu bisa dapatkan di salah satu wisata Bangka ini.

Pantai Tikus

Buat kamu yang mencari wisata Bangka dengan pesona alam yang masih sangat asri dan alami, direkomendasikan agar kamu berkunjung ke Pantai Tikus.

Keindahan alam yang masih belum terjamah akan kamu temukan di wisata yang satu ini.

Pantai Tikus sendiri merupakan salah satu wisata Bangka terbaik yang memiliki pesona deretan batuan granit berukuran besar di sekitar pantai. Juga ada tebing terjal yang masih sangat alami di Pantai Tikus ini.

Air laut yang berwarna biru dan sangat jernih akan kamu temukan.

Belum lagi, kehadiran vihara atau kuil megah di dekat pantai memberikan daya tarik lain bagi setiap orang yang berkunjung ke Pantai Tikus.

Kamu pun dapat berfoto dengan latar belakang vihara megah tersebut.

Kelenteng Dewi Laut

Selain kaya wisata alam, Bangka juga punya banyak icon wisata keren. Salah satunya adalah Kelenteng Dewi Laut yang selain menjadi tempat wisata juga sebenarnya merupakan tempat beribadah bagi umat beragama Kong Hu Cu.

Kelenteng ini merupakan sebuah kelenteng yang sangat cantik dan semakin cantik karena secara geografis, kelenteng ini berhadapan dengan laut.

Jadi kamu yang berwisata di Kelenteng Dewi Laut juga sekaligus dapat menikmati eksotisme laut Bangka yang tak ada bandingnya.

Ketika memasuki kawasan kelenteng, di bagian depan kelenteng akan kamu temukan berbagai macam jenis patung.

Patung – patung yang menyambut pengunjung di pintu masuk kelenteng merupakan patung seluruh shio yang ada didalam penanggalan Tiongkok seperti shio babi, shio tikus, shio anjing, shio kera, shio kuda, dan masih banyak shio lainnya.

Uniknya lagi, patung – patung yang dibangun di Kelenteng Dewi Laut ini dibangun atas sumbangan sukarelawan yang namanya tertera di bagian bawah patung.

Hampir semua ornamen dan juga berbagai macam perlengkapan yang ada di Kelenteng Dewi Laut ini merupakan hasil sumbangan dari para pemeluk Kong Hu Cu.

Bagi kamu yang datang ke kelenteng ini, berfoto boleh. Akan tetapi kamu juga tetap harus menjaga kesopanan karena sampai detik ini Kelenteng Dewi Laut juga masih aktif dijadikan tempat ibadah umat beragama Kong Hu Cu di Bangka.

Kamu yang berwisata di Bangka, kamu dapat melakukan perjalanan wisata di berbagai wisata Bangka terbaik diatas. 

Dapatkan berbagai pengalaman wisata menarik di wisata alam Bangka atau pun icon wisata yang ada di Bangka. Selamat traveling sobat!